XL-mania adalah komunitas yahoogroups Microsoft Excel terbesar di dunia. Melalui XL-mania kita dapat belajar Excel bersama. Fungsi yang dipelajari dari fungsi keuangan, tanggal dan waktu, matematika, statistik, kondisi, lookup, referensi, database, logika, teks, informasi, serta cara membuat user defined function. Selain itu, di XL-mania juga dibahas mengenai penggabungan beberapa fungsi Excel menjadi sebuah formula yang unik, array, dan megaformula. Fitur-fitur Excel yang dibahas juga luas, dari conditional formatting, goal seek, chart, pivot table, macro / VBA, business model, financial modeling, solver, dan lain-lain. Dapatkan tips dan trik excel gratis dari XL-mania! Ingat, malu bertanya, kerja manual!

June 19, 2008

tentang XL-mania

XL-mania adalah komunitas Microsoft Excel terbesar di yahoogroups. Komunitas ini didirikan pada tanggal 8 Mei 2005, dan memiliki lebih dari 16,000 member pada bulan November 2010. Jumlah member yang cukup besar ini menjadikan XL-mania sebagai tempat belajar Excel dan tempat belajar VBA gratis yang sangat populer di internet.



Komunitas XL-mania didominasi dengan member dan kontributor dari Indonesia, XL-mania menjadi tempat belajar Excel gratis yang paling diminati di Indonesia dan individu-individu yang menggunakan bahasa Indonesia / Melayu. Walaupun demikian, banyak juga pertanyaan ke XL-mania yang ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa lain. XL-mania bukan berisi member yang hanya ingin belajar Excel saja, untuk pengguna Microsoft Excel yang merasa sudah sangat mengerti Excel luar dalam, ada challenge XL-mania!


Di XL-mania, materi yang dipelajari sangat luas, dari fungsi-fungsi dasar seperti IF, VLOOKUP, SUM, AVERAGE, fungsi-fungsi statistik seperti MEDIAN, MODE, sampai fungsi-fungsi finansial seperti IRR, NPV. Selain itu, di XL-mania juga dibahas mengenai bagaimana membuat Megaformula dan Array-array canggih. Perbedaannya dengan yang dibahas di buku-buku Excel lokal dan forum-forum lokal lain adalah kemampuan member XL-mania untuk merangkai rumus-rumus dengan logika yang kompleks.


Selain fungsi, di XL-mania member juga belajar menggunakan fitur-fitur Excel seperti conditional formatting, filter, pivot table, chart, solver, goal seek, data consolidation, dan lain-lain. Yang dibahas di XL-mania bukan hanya bagaimana cara mengaplikasikan fitur-fitur ini pada pekerjaan saja, tetapi lebih dari itu. Misalnya, bagaimana membuat chart yang tidak ada pada menu Excel, suatu hal yang dianggap tidak mungkin oleh pengguna Excel level pemula. Selain itu, di XL-mania juga member saling membantu dalam membuat add ins dan program-program yang berbasiskan pada VBA [macro].


Untuk bergabung dengan komunitas XL-mania, dapat dilakukan dengan 3 cara:
  1. Melalui e-mail: Kirimkan email kosong ke XL-mania-subscribe@yahoogroups.com, kemudian reply e-mail konfirmasinya.
  2. Melalui yahoogroups [butuh yahoo-id]: Masuk ke http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/
  3. Melalui subscribe box di samping halaman ini: Tuliskan e-mail Anda pada tempat yang tersedia, kemudian tekan tombol untuk bergabung.
Mari bergabung bersama XL-mania untuk belajar Microsoft Excel bersama! Ingat... malu bertanya, kerja manual!

26 comments:

  1. Boss Bee... akhirnya official web XL-mania jadi juga...

    Selama XL-mania berdiri... selama itu juga saya ikutan XL-mania. Udah 3 tahun lebih, benar-benar perjuangan yang patut diacungi jempol.

    Nggak kebayang berapa banyak waktu yang dikau habiskan untuk moderasi e-mail, mereject e-mail spam, memberi materi latihan, memberi challenge, memberi jawaban, mencari dan mengundang excel expert... dan konon donasinya dalam 3 tahun ini totalnya nggak sampe Rp 400,000,-? Berapa uang yang kau habiskan untuk hosting, internet, domain? Berapa waktu yang kau habiskan untuk XL-mania?

    Maafkan kami karena kami orang Indonesia yang pelit dan suka gratisan yaaaa... Hehehe... at least aku beli 50 jurus sakti Excel mu.

    Terima kasih boss Abimono, terima kasih XL-mania, terima kasih buat semua XL-expert di XL-mania. Berkat kalian kami bisa belajar Excel dengan maksimal.

    Tetap semangaaaatttt!

    ReplyDelete
  2. Nggak nyesel deh ikutan XL-mania. Tempat belajar Excel paling TOP!

    ReplyDelete
  3. Pasti repot banget ya punya member yang banyak gitu. Capek jawab-jawabinnya....

    ReplyDelete
  4. mas bimo, thanks ya udah dibikinin link blog ku dari sini, appreciated so much ...

    ReplyDelete
  5. mas bimo, thanks yah udah pasangin link blog ku disini, appreciated so much ... sukses selalu buat XL-mania ...

    ReplyDelete
  6. @ yudi paskalia
    hai yudi... koreksi dikit, donasi 3 tahun ga nyampe Rp 300,000. Hehehe... tapi it's ok lah. Cukup senang dengan ada yang beli buku ku. Walau mungkin ga selaris buku laskar pelangi :D yudi paskalia ini pengikut setia sejak XL-mania berdiri lho. benar2 niat belajar excel nya. lagian buatku ini seperti social responsibility.

    @ hendrikman
    ganti tagline ahhh... "XL-mania, tempat belajar excel yang paling sexy, tempat belajar macro dan vba yang paling hot".

    @ nyitnyit sexy
    hai nyit! dulu emang sih susah banget di awal-awal karena banyak pertanyaan harus aku yang jawab. tapi lama-lama nggak kok saat kultur saling membantu di XL-mania terbentuk. dulu ada ahmad zamroni, siti vi, elang perak, hady widjaya, insan biasa, yani, dan lain-lain. sekarang ada imam nurhadi, dian, siti vi, insan biasa, dan ahmad zamroni yang sudah bertranformasi jadi ahmad zamproduct :D

    ReplyDelete
  7. @ ranz
    hai rano... saya masih inget lho pertanyaan kamu waktu milis XL-mania baru launching awal-awal :)

    ReplyDelete
  8. Kang Abimono sungguh dewanya Excel. Pokoknya Roy Suryo kalah jauh dehhhh.... Hahahaha...

    ReplyDelete
  9. @ anti roy suryo
    lho? roy suryo kan bukan ahli excel, dia kan 68% pakar telematikarrrrrr.... hahaha.

    ReplyDelete
  10. member tembus 8,000 bo! oh ya sekarang banyak yang mendompleng nama XL-mania ya... pada ga tau malu rupanya!

    ReplyDelete
  11. @ gito
    bulan ini tembus 9,000 members :)

    ReplyDelete
  12. ^_^ akhirnya... !
    ide mempertemukan XL-maniawan/XL-Maniawati dan Pencari Kerja direalisasikan juga...

    Selamat ya Bos,
    Maju terus pantang mundur !

    Bravo XL-mania !

    ReplyDelete
  13. buku macam gini ni yg harus kita beli, kalo yang kemaren-2 sih cuman translate help ditambah kata pengantar. kapan mas trilogi excelnya keluar semua, pasti saya beli

    ReplyDelete
  14. mas bimo aq sudah beli buku sampean, thanks banget top abis, aq jadi lebih jago sekarang buat laporan di tempat kerja.
    Cuma usul neh mas bimo, sepertinya ini klub musti di besarkan kembali yaitu jika dibuat suatu lembaga kursus excel dan VB, saya yakin pasti banyak deh manfaatnya dan menjadikan orang indonesia menjadi pintar2 semuanya..
    Skali lagi thanks yah mas bimo

    ReplyDelete
  15. Mas Bimo,aku udah pernah gabung di milis xl-mania,tapi pas itu emailku penuh,hampir 2minggu aku ga buka2 email karena harus keluar kota.sejak itu aku ga dpt kiriman email lg dari xl-mania,meski udah subscribe ulang.mohon bantuan Mas Bimo,mengingat aku butuh banget artikel2 dari milis ini.terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  16. Maaf neh, baru saja saya subscribe ke mailing list xl mania (lima menitan yang lalu) jadi salam kenal buat semuanya.
    Tolong dong, kalau saya mau lihat arsip2 pertanyaan, artikel, tips, dll saya masuk ke mana? Tolong infokan linknya.

    Trims besar
    Rif

    ReplyDelete
  17. @ iwan junifanto
    pemasang lowongannya agak2 memble nih... perusahaan "yahoo" dan "gmail" biasa kutolak

    @ andi setiyawan
    thanx ya udah beli. trilogi? pengennya sih tiap tahun satu

    @ -adie-
    spesialisasi kita justru di dunia maya... dan... gratis

    @ agung
    bisa buka archive kita di mail-archive. http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com

    @ rif
    arsip ada di http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com
    tapi kalau mau tanya ke yahoogroupsnya aja http://groups.yahoo.com/group/XL-mania, membernya banyak, jadi lebih dinamis

    ReplyDelete
  18. Yth. Pak Abimono

    Saya anggota milis xl-mania.
    Tadi saya nulis email ke milis tapi kok email saya ditolak yaa..
    kata pesannya sih, "saya bukan anggota milis xl-mania". Sementara sampai saat ini saya masih terus menerima email dari milis xl-mania.
    kira-kira kenapa ya?
    Mohon bantuannya pak...
    Raynoldlibrian@yahoo.com

    ReplyDelete
  19. Terima kasih untuk blog yang menarik

    ReplyDelete
  20. Pak Abimono

    Saya dulu pernah gabung dimilis XLMania tapi kemudian saya unscribbed sementara karena trafffic email saya waktu sedang tinggi.

    Sekarang saya coba subcrebbed lagi dan sudah verify tapi belum masuk ke milis... apa ada prosedur yang kurang ya ? thanks
    Email saya : bsatyawan@qbe.co.id & basembayt@yahoo.com

    Thanks

    Bambang S

    ReplyDelete
  21. salam kenal
    sudah lama baca artikel di xl-mania, tapi baru ini ngasih comment? sebenernya mau minta tolong, ada yang tau translate rumus excel english version ke prancis version
    terima kasih
    sigit.wisnu@gmail.com

    ReplyDelete
  22. saya baru hitungan bulanan belajar komputer n excel, itupun karena tuntutan kerja.
    kalau bertanya, tentang excel yang di klik yang mana>>?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau tanya ke yahoogroupsnya aja http://groups.yahoo.com/group/XL-mania, membernya banyak, jadi lebih dinamis

      Delete
  23. mau tanya ada ga conditional formating banyak warna di excel 2003

    ReplyDelete
  24. Mas, saya mau tanya code macro excel yg bisa copy hasil input form dari sheet1 pada sheet2, contoh: input data dari sheet1, cell A1 sampai A10 saya ingin input data, dan ada 1 tombol butten untuk panggil macro, pada saat tombol di klik akan pindah ke sheet2 dn tempat input akan kosong, setelah saya ingin input data baru akan pindah ke sheet2 pada baris kosong dibawahnya data yg saya input sebelumnya, sedangkan data yg lama tidak berubah. mohon bantuannya trima kasih

    ReplyDelete
  25. Mas Bomo apa masib jualan? buku dengan judul (mengapa boss benci chart anda) saya udah keling gramedia udah kaga ada stoknya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar tentang XL-mania...