XL-mania adalah komunitas yahoogroups Microsoft Excel terbesar di dunia. Melalui XL-mania kita dapat belajar Excel bersama. Fungsi yang dipelajari dari fungsi keuangan, tanggal dan waktu, matematika, statistik, kondisi, lookup, referensi, database, logika, teks, informasi, serta cara membuat user defined function. Selain itu, di XL-mania juga dibahas mengenai penggabungan beberapa fungsi Excel menjadi sebuah formula yang unik, array, dan megaformula. Fitur-fitur Excel yang dibahas juga luas, dari conditional formatting, goal seek, chart, pivot table, macro / VBA, business model, financial modeling, solver, dan lain-lain. Dapatkan tips dan trik excel gratis dari XL-mania! Ingat, malu bertanya, kerja manual!

June 25, 2008

vlookup yang bisa nengok ke kiri

Pertanyaan:
"Hai XL-mania! Saya baru belajar Excel nih. Kemaren baru kenal sama yang namanya VLOOKUP nih. Tapi kok saya coba aplikasi di kasus di bawah ini nggak bisa ya? Apa yang salah? Saya maunya range F3:F5 itu bisa langsung keisi sesuai tabel B2:C12. Masalahnya, kolom hasilnya ada di sebelah kiri." - Soesilo Bambang, Jakarta.
Jawab:
Memang benar, VLOOKUP tidak dapat "menengok" ke kiri. Untuk mengambil data di sebelah kiri, kita dapat menggunakan kombinasi INDEX dan MATCH. Caranya dengan mengetikkan formula: =INDEX($B$3:$B$12,MATCH(E3,$C$3:$C$12,0)) di cell F3, kemudian mengcopynya ke range F4 dan F5.

Penjelasan:

  1. ...MATCH(E3,$C$3:$C$12,0)... berfungsi untuk mencari pada baris ke berapa di range C3 dan C12 ditemukan data sesuai E3. Angka 0 menunjukkan bahwa hasil pencarian harus sama persis dengan yang dicari.

  2. =INDEX($B$3:$B$12,...) berfungsi untuk memberikan nilai pada baris yang ditunjuk.
File:
Anda dapat mendownload materi tips ini di sini
[harus memiliki yahoo id dan mengikuti mailing list XL-mania, yahoogroups tempat belajar excel terbesar di dunia]

12 comments:

  1. Mas, tengkyu sharing Excelnya. Kita jadi banyak belajar Excel nih.

    ReplyDelete
  2. @ rudi tan
    hai rudi, saya juga masih belajar kok. kita sama2 belajar, ok? :)

    ReplyDelete
  3. mas bagaimana caranya menambahkan baris dalam excel 2003 yang sebanyak 65.000 baris menjadi lebih banyak lagi?
    soalnya ada contoh kasus, dalam membuka file dbf lewat excel, yang data dbf-nya melebihi dari 65.000 baris tidak bisa ditampilkan. Apakah ada update untuk excel agar bisa menampilkan lebih dari 65.000 baris??
    thks

    ReplyDelete
  4. Salam,
    saya baru bergabung dalam komunitas ini..saya mau tanya tentang excel 2000 yang dipakai di kantor saya,problemnya setiap kali saya save file saya, filenya berubah extensionnya bkn lg mcrosoft excel tapi brubah jadi extension File dan namanya berubah jadi 8f4d6000...kira2 permasalahannya apa yah mas?

    ReplyDelete
  5. lucaselmyp@yahoo.comJanuary 22, 2010 at 9:00 PM

    mas tanya ya...
    berapa maks jml sheet bisa dibuat di excel? tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Excel sampai dengan 2003: max 255 sheet
      Excel 2007 ke atas: Dibatasi RAM (memory) di komputer anda.

      Delete
  6. Mas Abimono yang baik..
    1. Saya mau menanyakan bisakah excel 2003 membuat format date seperti ini December 26th, 2009 yang tanggalnya ada tingkatannya st, nd, rd dan th.
    Kalau bisa saya minta tolong gimana caranya soalnya saya cari di Format-Cells-Number-Date kok gak ada.
    yang ada date dalam format English (United States) hanya December 26, 2009, tulisan th tidak ada.
    2. Terus apabila saya mengabung kata bulan dan th dimana di cell th..nya udah saya superscript tapi hasil gabungannya kembali tidak superscript lagi. Gimana ya caranya supaya bisa th..nya saja yang superscript bukan semuanya (bulannya juga ikut superscript).

    atas penjelasan Mas Abimono saya ucapkan terima kasih banyak. kepada Komunitas XL-mania, semoga sukses selalu......!!!!!

    ReplyDelete
  7. mas..aku mau nanya nih....

    kalo aye punya 12 chart dalam 1 sheet,
    jadi aye mau nampilin smuanya dalam 1 sheet.
    nah mau aye rapiin mas align nya secara otomatis di macro....
    jadi ntar kondisinya ada 3 baris chart masing2 4 chart mas....

    gmana ya mas?

    ReplyDelete
  8. Mas,, sya mnta tolong dong, sya udah dua tahun kerja menggunakan XL,,, tp sya merasa cape bnget dengan mengetik huruf dari angka yg mulai 0,1 smpe 10,0,,, misal nya 0,3 di tulis "nol koma tiga" ,, yg sya tulis adalah NEM (Nilai Evaluasi Murni) nilai murni yg di hasilkan murid di pesantren tempat sya bekerja, dan jumlah nya sekitar 900 shet,,
    tolong yaa maas, ada g' sich rumus untuk penulisan angka 0,5 atau angka desimal yg laen nya di A3 dan keluar huruf ejaan dari angka tersebut di B3 ,,,,
    sya sneng bgt kalo mas bisa bantu, sya udh utak atik rumus blum dapet2, '-.- hehe,
    mungkin di sini saya bisa dapet rumusnya, amin. Buat mas yg bantu makasih bnyak,,, ^_^

    ReplyDelete
  9. salam knl semua...
    mas abimono & siapa aja yg bsa jwb, tlg bntuan'na ya...
    pda kotak find and replace, q menemukan beberapa teks yg ingin q hpus, posisi teks'na tidak beraturan.
    contoh:
    -teks yg q cari "2001"
    -teks tsb ada di kolom D7,A141,D1250,D3921,F4328,H4490,K5760 dst

    ptnyaan'na:
    gmna cara mnghapus bbrpa deretan kolom yg ada teks 2001'na secara bersamaan, bkn satu persatu...???

    trmksih sblm'na

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menggunakan if untuk menghilangkan baris yang ada 2001 nya, kemudian di rank, kemudian diurutkan lagi berdasar rank (tentu ranknya dimodif supaya urutan tetap)

      Delete
  10. alow master excel ,

    Salam Xl-mania, saya nubie excel lover. saat ini lagi bingung mencari cara agar dapat memasukkan data secara otomatis ke masing-masing sheet tersendiri. contoh :

    No Nama Jumlah

    1 Andi 8

    2 Joko 12

    3 Pardi 5

    dari data tersebut saat dimasukkan disuatu sheet maka secara otomatis juga menempatkan sheetnya masing-masing berdasarkan kolom nama beserta jumlahnya (sheet : Andi dg jmh 8, sheet : Joko dg jmh 12, sheet : Pardi dg jmh 5). mungkin ini kebalikan dari beberapa sheet dpt terekap disatu sheet. mohon bantuannya. trims

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar tentang XL-mania...