XL-mania adalah komunitas yahoogroups Microsoft Excel terbesar di dunia. Melalui XL-mania kita dapat belajar Excel bersama. Fungsi yang dipelajari dari fungsi keuangan, tanggal dan waktu, matematika, statistik, kondisi, lookup, referensi, database, logika, teks, informasi, serta cara membuat user defined function. Selain itu, di XL-mania juga dibahas mengenai penggabungan beberapa fungsi Excel menjadi sebuah formula yang unik, array, dan megaformula. Fitur-fitur Excel yang dibahas juga luas, dari conditional formatting, goal seek, chart, pivot table, macro / VBA, business model, financial modeling, solver, dan lain-lain. Dapatkan tips dan trik excel gratis dari XL-mania! Ingat, malu bertanya, kerja manual!

May 21, 2010

lookup dengan lookup value yang berbeda dengan referensi

Pada hari Kamis dan Jumat, 20-21 Mei 2010, seorang trainner Excel dari sebuah perusahaan training Excel terkemuka mendapat pertanyaan dari salah seorang peserta di kelasnya.

"Pak, bagaimana cara lookup dengan sebagian kata kunci?"
Pertanyaan senada lainnya juga diutarakan
"Pak, bagaimana cara vlookup dengan value yang berbeda dengan referensinya? Misalnya di tabel referensi value sebagai referensi memiliki string yang lebih lengkap dibanding tabel summary? Contoh, di tabel referensi ada aaa123, bbb234, tapi di tabel summary hanya ada aaa dan bbb"

Si bapak trainner itu dengan entengnya menjawab,

"Tidak bisa.... Kembalikan saja datanya ke pemberi data...."



Hmmmmm.... kadang masalahnya tidak semudah itu, karena terkadang si pemberi data adalah BPCS atau SAP.... atau system lain. Konversi data sudah jadi masalah sehari-hari bagi sebuah perusahaan yang tidak menggunakan satu system.

Sebenarnya saya sengaja menulis ini karena saya menduga si bapak trainner itu akan googling dan mencari apakah ada yang menulis tentang ini di internet. hehehe....

Baiklah bapak trainner.... silahkan klik link ini. Oh ya.... selamat datang juga di XL-mania. Salam kenaalllll...



Sssttt... titip pesan untuk peserta trainingnya ya... Jangan lupa ikut XL-mania!!!!!! Hohoho....

2 comments:

  1. Hohoho... post ini untuk menjaring trainer microsoft excel, trainer vba, guru microsof excel, konsultan microsoft excel, konsultan vba, lembaga pelatihan microsoft excel, tempat kurus microsoft excel, dan para penulis buku excel

    ReplyDelete
  2. Maka Bergahagialah Orang-Orang Yang Telah Jadi Group Member XL-Mania

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar tentang XL-mania...